-->

Cara Membuat Adonan Bola Bakso Sendiri

Untuk jajanan bakso mungkin sudah tidak asing di telinga anda smua. Bakso merupakan olahan daging sapi yang diberi bumbu dan pengenyal hingga menyerupai bola. Sekarang ini olahan bakso tidak hanya berasal dari daging sapi saja, ada beberapa yang menggunakan seafood, ayam, jamur dan banyak olahan lainnya. Untuk kalo tips kali ini adalah cara bagaimana membuat bakso mulai dari membeli daging hingga menjadi bakso yang siap dihidangkan.





1. Pilih daging segar berkualitas
Bagi anda yang rutinitas pergi kepasar mungkin hal ini adalah hal yang biasa. Jika anda mengetahui tempat jagal atau penyembelihan sapi ada baiknya anda pergi kesana. Selain  anda bisa mendapatkan daging dalam keadaan segar, tentunya harga yang anda beli akan jauh lebih murah daripada dipasar. Untuk memilih daging sapi, anda bisa memilih daging sapi yang tanpa lemak. Pilihlan daging sapi bagian paha sebelah atas.
2. Siapkan bumbu-bumbu bakso
Mungkin banyak artikel-artikel yang menyediakan informasi untuk bahan bakso ini. Walaupun dengan berbeda resep yang paling utama adalah tepung tapioka, bawang dan garam. Jika anda memiliki resep sendiri sangat dianjurkan.
3. Mengaduk adonan bakso
Dalam mengaduk adonan yang tercampur, gunakan baskon atau wadah yang cukup. Jika anda menggunakan tangan untuk mengaduk akan menguras banyak tenaga. Gunakan blender atau alat pengaduk. Dipasar-pasar sekarang banyak tempat yang menyediakan untuk membuat adonan bakso, biasa disebut selep. Untuk menyelep anda tinggal membawa daging beserta bumbu-bumbunya dan biarkan mereka yang mengolahnya hingga menjadi adonan yang siap untuk dijadikan bakso.
4. Cara membuat bola bakso dari adonan
Yang perlu diperhatikan anda harus menyediakan air panas agar ketika bola bakso dimasukkan tidak lengket dan segera matang. Untuk mengambil adonan bakso gunakan tangan untuk mengepal adonan, tekan dan keluarkan pada sela-sela ibu jari dan telunjuk. Setelah adonan keluar sesuai ukuran, ambil dengan sendok dan letakkan pada air panas. Untuk ukuran bola bakso bebas sesuai selera. Jika menggunakan sendok maka ukuran bola bakso maksimal hanya sebesar bola pingpong. 
5. Kreasikan bakso dengan isi
Bagi anda yang memang ingin berbisnis bakso, banyak sekali saingan para penjual bakso. Cobalah untuk berkreasi dengan memberi isi didalamnya. Isi didalamnya bisa berupa telur, seafood, keju, coklat, cabai atau apapun sesuai kreasi anda.

Mungkin itu saja tips untuk membuat adonan bola bakso, jika anda bisa membuat sendiri pasti akan lebih hemat daripada menghabiskan uang untuk beli bakso diluar.

Cara Membuat Adonan Bola Bakso Sendiri