-->

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Hampir semua masakan orang Indonesia tidak pernah meninggalkan bawang putih karena bawang putih merupakan rempah alami Indonesia . Bawang putih telah digunakan lebih dari 1.000 tahun lalu terutama digunakan oleh orang-orang asli Asia Tengara. Bawang putih merupakan tanaman dari Genus Allium yang memiliki nama Latin Allium sativum.

Meski tak sebanding dengan bentuknya namun bawang putih memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis bawang yang lainnya.  Kandungan gizi yang terdapat dalam bawang putih antara lain Vitamin C, Mineral P, CA dan K serta FE dan Vitamin B karena itu bawang putih baik digunakan dalam masakan sebagai penyedap rasa masakan.




Ternyata, bawang putih bukan hanya digunakan sebagai bahan masakan, tetapi bawang putih adalah jenis umbi yang bermanfaat untuk kesehatan, tahukah anda bahwa bawang putih mampu menangkal serta mengobati berbagai macam penyakit .

Berikut adalah beberapa contoh manfaat yang luar biasa dari bawang putih :
  • Bawang putih dapat menjadi penangkal dari serangan kanker, bagi perempuan mengkonsumsi bawang putih secara tidak berlebihan akan menjadi penangkal kanker payudara.
  • Obat alami bagi penderita diabetes atau gula darah. Bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
  • Pelindung ampuh organ jantung, bawang putih mampu melindungi organ jantung  dari berbagai radikal bebas yang bertebaran diudara.
Namun jangan salah, dibalik manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan anda, namun terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih juga berakibat buruk serta mngundang datangnya penyakit  bagi tubuh anda.  Konsumsi bawang putih yang dapat memberikan efek samping bagi kesehatan yaitu konsumsi bawang putih mentah. 

Adapun efek samping dari konsumsi bawang putih mentah terhadap tubuh kita, yaitu :
  •  Bau badan, konsumsi bawang putih mentah secara berlebihan dapat mengundang bau badan yang tidak sedap, namun bau badan juga akan berkurang seiring dengan mengurangi konsumsi bawang putih mentah
  • Masalah pencernaan, masalah lain yang tak kalah berbahaya akibat konsumsi bawang putih mentah adalah masalah pencernaan.  Termasuk sakit perut, muntah , diare asam lambung dan perut kembung
Oleh karena itu, kita harus bijak dalam penggunaan bahan-bahan yang hakikatnya digunakan sebagai obat, namun karena penggunaan yang salah ataupun berlebihan dapat berakibat buruk pada tubuh kita



Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan