-->

Penyebab dan Cara Mengobati Migrain

Migrain / sakit kepala sebelah  tergolong penyakit yang umum terjadi  sehingga kerap dimaklumi sebagai penyakit yang tidak perlu ditangani secara khusus. Namun hati-hati karena karena sakit kepala tertentu dapat merujuk pada penyakit serius lain seperti stroke atau meningitis.
 



Migrain ditandai dengan sakit kepala unilateral (hanya pada separuh bagian kepala), berdenyut-denyut pada sebelah bagian kepala, dan berlangsung selama 2 sampai 72 jam. Terdapat gejala-gejala yang ikut menyertai antara lain mual, muntah, fotofobia (semakin sensitif terhadap cahaya), fonofobia (semakin sensitif terhadap suara) dan rasa sakitnya semakin hebat bila melakukan aktifitas fisik. 

Penyakit tersebut biasanya disebabkan membesarnya arteri dalam kepala. Sakit kepala mencengkram, rasa nyeri yang konstan, dan seringkali hanya disatu sisi kepala namun kadang, dapat berpindah kebagian kepala lainnya, kemungkinan juga dapat menyerang kedua bagian kepala.

Migrain dapat dipicu oleh berbagai hal. Adapun hal pemicu migrain adalah :

1. Makanan dan minuman

Ada beberapa jenis makanan mupun yang dapat memicu timbulnya rasa sakit pada kepala disatu sisi yang biasa kita sebut migrain, contoh makanan tersebut adalah
  • Keju
  • Coklat
  • Jenis asaman
  • Kacang-kacangan dan masih bnyak lainnya
 
2. Menstruasi

Menstruasi yang terjadi secara rutin pada wanita dapat menjadi pemicu timbulnya sakit kepala sebelah.  Penurunan  kadar esterogen pada saat menstruasi diduga pemicu utama sakit kepala akibat migrain.

 
3. Lingkungan

Pemicu migrain berbeda-beda untuk masing-masing orang . sebagian orang dengan mencium bau farfum yang menyengat dapat menyebabkan pusing hingga sakit kepala sebelah, untuk sebagian orang lainnya melihat cahaya lampu yang terlalu terang dan menyilaukan mata atau bahkan karena sinar matahari pada saat mengemudi  juga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah.

 
4. Stress

Penyebab utama migrain yang paling umum adalah stress, begitupun sebaliknya penderita migrain bisa sangat responsive secara emosional.

Pilhan mengatasi migrain memang bervariasi, beberapa orang memilih untuk tidur untuk mengurangi sakit kepala yang  dideritanya , namun ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit karena migrain, yitu dengan menggunakan buah lemon, yaitu dengan meminum jus lemon yang telah dicampurkan dengan air putih. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit migrain / kepala sebelah

Penyebab dan Cara Mengobati Migrain