-->

Cara Bijak Memilih Sekolah Pilot di Indonesia

Saat ini sekolah pilot di Indonesia sangat menjamur. Mulai dari lokal hingga international. Yang dimana masing-masing lembaga berlomba-lomba untuk menjual jasa untuk mendapatkan lisensi penerbangan.

Tahu kah anda bahwa justru kebanyakan dari sekolah penerbangan orientasinya hanya bisnis. Mendapatkan calon siswa sebanyak-banyaknya dengan memudahkan tes masuknya. Kenapa ? Hal ini dikarenakan keuntungan yang didapat tidak sedikit. Bisa dibayangkan, biaya sekolah pilot sekitar 500-800 juta dalam masa pendidikan ± 1 tahun.

Dalam biaya pendidikan pilot, jarang sekali lembaga mencantumkan secara gamblang jumlah biayanya. Bisa jadi hal ini dikarenakan banyaknya kompetitor yang menjatuhkan harga.

Dengan biaya yang tinggi, tentunya diharapkan kualitas yang sempurna dan jaminan terserapnya tenaga kerja. Tetapi kenyataannya lebih dari 300 lulusan, saat ini menganggur. Bisa jadi daya serap pasar tidak sebanding dengan banyaknya lulusan sekolah penerbangan atau kualitas lulusan tidak sesuai dengan standart maskapai penerbangan tempat mereka akan bekerja.

Dari hal diatas, yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah pilot adalah jangan terpaku oleh biaya pendidikan. Prioritaskan kualitas alumni, kerjasama dengan maskapai penerbangan, kualitas pengajaran & sarana prasarana.

Jangan sampai menurut anda hemat beberapa ratus juta karena memilih sekolah pilot yang murah, tetapi malah menganggur dan tidak diterima di maskapai penerbangan manapun.

Cara Bijak Memilih Sekolah Pilot di Indonesia